• Kaum Muslimin sedunia adalah saudara seiman. Allah berfirman:â? Sesungguhnya orang-orang yang beriman tak lain adalah saudaraâ?.(QS. Al-Hujurat:10), Rasulullah menegaskan dengan sabdanya: â??Setiap Muslim adalah saudara bagi Muslim lainnyaâ? (HR. Bukhari Muslim)
  • Membebaskan saudara dari sasaran kedzaliman adalah wajib,Sedangkan membiarkannya berarti terancam laknat Allah Nabi bersabda: â??Tolonglah saudaramu dalam kondisi dzalim maupun didzalimiâ? (HR. Bukhari no:2263)
  • Mengenyahkan kemungkaran adalah wajib. â??Barang siapa di antara kalian melihat kemungkaran, maka ubahlah dengan tangan/kekuasaannya , jika tidak mampu maka dengan lisannya dan bila tidak bisa maka dengan hatinya dan yang demikian adalah selemah2nya imanâ? (HR. Muslim)
  • Tidaklah beriman kepadaku orang yg tidur malam dalam kondisi kenyang sementara tetangganya kelaparan dan ia mengetahuinya (HR. Thabrani & Hakim). Bagaimana dengan urusan nyawa? Masih adakah sisa keimanan bila seorang Muslim sengaja tidak berjibaku untuk membantu?
  • Cerdasnya  orang yang beriman adalah, dia yang mampu mengolah hidupnya yang sesaat & yang sekejap untuk hidup yang panjang. Mati bukanlah akhir cerita dalam hidup, tapi mati adalah awal cerita sebenarnya, maka sambutlah kematian dengan penuh ketakwaan. Mari kita kumpulkan bekal terbaik untuk hidup yang sebenar-benarnya
Populer:

Bank Account

BRI

No.Rek. 0012.01.110166.50.7

a.n. Sedekah Community


BANK MUAMALAT

No.Rek. 919 7000 999

a.n. Sedekah Community


BCA

No.Rek. 872 005 8601

a.n. Susi Herawati QQ Sedekah


BRI SYARIAH

No. Rek. 133.000.788.2988

a.n. Susi Herawati QQ Sedekah


DONASI MELALUI PAYPAL

Donasi melalui Paypal


Untuk Zakat kami sarankan Bapak/Ibu menyalurkannya langsung dikotanya masing-masing,

Untuk data Administasi kami,Setelah Transfer Donasi/Sedekah Anda, Mohon Konfirmasi ke SMSCentre Sedekah.Net 08777.888.5540, Terima kasih

Program Rutin

-

-

Puasa Sunnah Tiga Hari Setiap Bulan

PDF Print E-mail
Written by Sedekah.net    Sunday, 15 January 2012 11:17

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,

Salah satu dari sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah berpuasa tiga  hari di setiap bulan. Sunnah ini sudah jarang diamalkan oleh kaum muslimin, kendati sunnah puasa  tiga  hari di tiap bulan adalah sunnah yang utama. Rasulullah Shallallahu  ‘Alaihi Wa sallam dan para sahabat radhiyallahu ‘anhu senantiasa mengamalkan sunnah ini sepanjang hidup mereka dan tidak pernah meninggalkannya.

Beberapa riwayat yang shahih tentang amalan sunnah puasa tiga  hari di setiap bulan adalah sebagai berikut :

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata ,

 “Kekasihku (Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam) mewasiatkan kepadaku tiga hal; berpuasa tiga hari setiap bulan, melakukan dua rakaat shalat Dhuha dan melakukan shalat Witir sebelum tidur.”

(HR Bukhari 1981 dan Muslim 721)

 

Abu Darda Radhiyallahu ‘anhu berkata,

”Kekasihku Rasulullah Shallallahu ’Alaihi Wa sallam mewasiatkan tiga hal – aku tidak akan meninggalkannya selama aku masih hidup; berpuasa tiga hari setiap bulan, melakukan shalat Dhuha dan tidak tidur sebelum melakukan shalat Witir.”

(HR Muslim 722)

 

Jarir bin Abdullah radhiyallahu ’anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ’Alaihi Wa sallam bersabda,

”Berpuasa tiga hari setiap bulan sama dengan berpuasa sepanjang masa dan hari-hari yang putih adalah tanggal 13, 14 dan 15.”

(HR An-Nasa’i 2419)

 

Qatadah bin Milhan radhiyallahu ’anhu berkata,

”Rasulullah Shallallahu ’Alaihi Wa sallam memerintahkan kepada kami untuk berpuasa pada hari-hari yang putih; tanggal 13, 14 dan 15. Qatadah berkata, Rasulullah Shallallahu ’Alaihi Wa sallam bersabda, ”Itu seperti keadaan berpuasa sepanjang masa.”

(HR An-Nasa’i, Ibnu Majah, Abu Dawud, Ahmad)

Demikianlah beberapa hadits shahih yang menjelaskan perintah untuk melakukan puasa sunnah tiga hari setiapbulan pada hari-hari putih yaitu tanggal 13, 14 dan 15.

Perlu dipahami, tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulan adalah setiap bulan Hijriyah atau bulan Qamariyyah, yaitu bulan-bulan Islam sepanjang tahun mulai dari bulan Muharram sampai Dzulhijjah. Dan bukan bulan-bulan Masehi, seperti  Januari, Februari dan seterusnya.

Sebagai kaum muslimin, sudah sepantasnya kita memahami penanggalan, kalender atau almanak Islam. Penanggalan Islam dimulai dari bulan Muharram s/d bulan Dzulhijjah. Lengkapnya adalah sebagai berikut :

 1)      Muharram

2)      Safar

3)      Rabi’u’l Awal atau Rabi’ul ’Ula

4)      Rabi’iul Akhir atau Rabi’uts Tsani

5)      Jumadil Awal atau Jumadil ’Ula

6)      Jumadil Akhir atau Jumadits Tsani

7)      Rajab

8)      Sya’ban

9)      Ramadhan

10)  Syawal

11)  Dzulqa’idah

12)  Dzulhijjah

 Kita, kaum muslimin yang cinta Rasulullah, mari kita lakukan puasa tersebut, mari kita hidupkan sunnah-sunnah Rasulullah sejak hari ini dan seterusnya, sampai ajal menjemput kita.

 

Wassalam,

Hadits-hadits di atas dikutip dari Kitab Puasa Sunnah Hukum & Keutamaannya, Syaikh Usamah Abdul Aziz, Penerbit Darul Haq

 

FeedLangganan Artikel Terbaru dari Sedekah.Net via Email

» Cek Email Anda untuk konfirmasi berlangganan

 

FB Sedekah.Net